VCT Batch 5: Review Konten Blog rumahbelajar.id




A.     Review 1



Pada kesempatan ini, saya akan mereview buku digital yang saya unduh dan saya baca dari blog rumahbelajar.id. Buku ini termasuk dalam buku sejarah yang membicarakan tentang gagasan pemikiran tokoh bangsa dalam membentuk karakter bangsa.

Judul:
Tokoh Pemikir Karakter Bangsa

Penulis:
Rhoma Dwi Aria Yuliantri,
Jajat Burhanudin,
Dirga Fawakih,
Setyadi Sulaiman,
M. Nursam

Penerbit:
Direktorat Sejarah,
Direktorat Jenderal Kebudayaan,
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Tebal:
Bagian depan: 10 halaman, Isi: 326 halaman.

Ringkasan Buku:

Perjuangan bangsa Indonesia telah melalui fase demi fase sejarah. Hingga kini, bentuk Negara Kesatuan, UUD 1945 dan Pancasila memang tidak lagi diperdebatkan. Namun saat itu sejarah mencatat akan adanya pokok masalah lain yang terus didiskusikan, bagaimanakah karakter bangsa ini akan dibentuk sehingga mampu membawa bangsa ini ke arah yang semakin baik dari masa ke masa, melewati berbagai tantangan yang dihadapinya.

Dalam membahas masalah “karakter bangsa”, buku ini memuat tulisan-tulisan yang bertolak dari gagasan para pemikir bangsa. Dalam usaha membuat masa depan yang lebih baik, para pemikir di zamannya ini bertolak dari pengalaman langsung ataupun dari pemakaian disiplin ilmiah mereka. Kita bisa melihat potret perjalanan kehidupan bangsa ini dari sudut pandang para tokoh tersebut.

Sebagai buku yang berkisah tentang dinamika dan bahkan juga gejolak dari arus pemikiran anak bangsa, buku ini mangambil empat masalah yang strategis dalam usaha merumuskan dan membentuk “karakter bangsa” yang ideal. Masalah tersebut yaitu “demokrasi”, “kebudayaan”, “pendidikan”, serta “pembangunan dan kesejahteraan sosial”. Setiap masalah “dijawab oleh tiga orang pemikir, yang praktis mewakili latar belakang pendidikan bahkan pengalaman yang boleh dikatakan berbeda-beda. Keempat masalah tersebut dijadikan dalam setiap bab yang berbeda.

Buku ini bukan saja mengingatkan pada kearifan yang diwarisi para pemikir bangsa tetapi juga sebagai pengantar ketika pahit getir pengalaman bangsa dalam mengayuh sampan menuju titik yang dicita-citakan ingin direnungkan.

Kelebihan:
Pokok pemikiran tentang karakter bangsa telah dijelaskan secara berkelompok, sehingga memudahkan pembaca untuk mengambil pada sebagian ataupun keseluruhan pokok masalah. Buku ini juga ditulis dengan mengalurkan peristiwa sejarah yang telah terjadi, sehingga kita bisa melihat peran dari pemikiran tokoh-tokoh bangsa dalam mewarnai kehidupan bangsa. Buku ini sangat penting untuk dipelajari generasi millenial agar tidak lupa akan sejarah perjalanan bangsa, sehingga karakter bangsa ini tetap memiliki pondasi yang kuat.

Kekurangan:
Buku yang padat secara isi ini kurang dilengkapi dengan grafis pendukung, semisal alur sejarah yang diringkas dalam gambar. Bagi generasi millenial barangkali akan kurang menarik untuk membaca dengan format demikian, padahal kaum millenial-lah yang justru diharapkan banyak belajar dari buku online ini.

Saran:
Perlu diterbitkan kembali pokok-pokok pikiran dalam buku ini dalam bentuk yang lebih sesuai dengan karakter generasi millenial.


B.     Review 2



Judul:
Simulasi Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Daring

Penerbit/Penyedia:
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Deskripsi Program:
UKBI (Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia) merupakan sistem pengujian kemahiran berbahasa Indonesia baik lisan maupun tulisan. Tes tersebut resmi disiapkan oleh pemerintah Indonesia. UKBI menguji kemampuan seseorang dalam mendengarkan, memahami, membaca, menulis, dan berbicara. 

UKBI juga menguji pemahaman seseorang tentang penggunaan tata bahasa Indonesia. UKBI menguji penggunaan bahasa Indonesia dalam berbagai mode komunikasi dan gaya bahasa. Mulai dari percakapan harian informal hingga komunikasi tertulis formal yang digunakan di media, publik, buku pelajaran, dan lain sebagainya.

Ada lima bagian dalam UKBI; pertanyaan pilihan ganda (Bagian I, II, dan III), penulisan (Bagian IV), dan mendengarkan (Bagian V). Berikut rincian yang lebih jelas:








Bagian






Pertanyaan






Lamanya
Bagian I Mendengarkan
40
25 menit
Bagian II Pemahaman Membaca
25
20 menit
Bagian III Membaca
40
45 menit
Bagian IV Menulis
1
30 menit
Bagian V Berbicara
1
15 menit












Berikut adalah pemeringkatan hasil tes UKBI:


Peserta yang lulus mengikuti tes UKBI akan mendapatkan sertifikat resmi dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kekurangan dan Saran:
Aplikasi daring ini memudahkan masyarakat Indonesia maupun asing untuk belajar terlebih dahulu secara mandiri, tidak bergantung pada bimbingan belajar di luar sekolah, sehingga lebih bermanfaat bagi siapa saja. Namun sayangnya aplikasi daring ini masih perlu untuk disosialisasikan lebih masif.


C. Tautan Video Penggunaan Teknologi Speech to Text dan Text to Speech dalam Tugas Review Konten Blog rumahbelajar.id
`
VCT Batch 5: Review Konten Blog rumahbelajar.id VCT Batch 5: Review Konten Blog rumahbelajar.id Reviewed by Achrudin on September 06, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.