Jenis-jenis Piramida Ekologi

Tahukan kamu bagaimana bentuk piramida? Kali ini akan kita gunakan bentuk piramida itu untuk mempelari ekosistem. Pada ekosistem yang mantap jumlah produsen tebih besar daripada konsumen. Apabi dirinci Iebih tanjut, jumlah produsen Iebih besar daripada konsumen I, konsumen I Iebih besar daripada konsumen II, konsumen II Iebih besar daripada konsumen III, demikian seterusnya. Apabila keadaan tersebut kita gambarkan akan membentuk suatu piramida makanan.

Piramida makanan yaitu tingkatan organisasi makhluk hidup yang didasarkan atas hubungan makan memakan. Setiap kelompok organisme di dalam piramida makanan menempati tingkat tertentu, yang disebut tingkat trotik. Produsen selatu menempati trotik I, konsumen primer menempati trofik II, konsumen sekunder menempati trofik III, demikian seterusnya. Semakin rendah tingkat trofiknya, semakin besar kandungan energi atau biomassanya.

Piramida makanan disebut juga piramida jumlah dan merupakan salah satu jenis piramida ekologi. Piramida ekologi adalah diagram yang menggambarkan hubungan antara tingkat trofik dalam suatu ekosistem dilihat dari faktor yang penting secara ekologis. Faktor itu seperti jumlah populasi, energi, dan biomassa.

Secara tradisional, diagram ini menempatkan produsen primer (organisme fotosintesis seperti tanaman) di bagian bawah dan tingkat trofik tertinggi di bagian atas diagram. Ukuran porsi diagram yang terkait dengan setiap tingkat trofik menggambarkan jumlah energi, biomassa, atau jumlah individu yang ditemukan di setiap tingkat trofik.



Menurut fungsinya, piramida ekologi terbagi menjadi beberapa macam sebagai berikut.
1)      Piramida Jumlah
Tingkatan trotik pada piramida jum didasarkan pada penghitungan jurnlah individu tiap satuan luas, yaitu per meter persegi.

2)      Piramida Biomassa
Penentuan tiap tingkatan trofik pada piramida biomassa didasarkan pada pengukuran massa individu dalam gram berat kering per meter persegi.

3)      Piramda Energi
Penentuan tingkatan trofik pada piramida energi didasarkan pada energi yang dapat dikeluarkan oleh individu yang dinyatakan dalam mg berat kering per meter persei per hari. 

Contoh piramida-piramida di atas seperti berikut ini.




Demikian pembahasan tentang macam-macam piramida ekologi. Semoga bermanfaat.
Jenis-jenis Piramida Ekologi Jenis-jenis Piramida Ekologi Reviewed by Achrudin on November 20, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.